• images
IKM

LAPORAN

HASIL MONITORING SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT  MELALUI QR Code PADA DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN

KOTA  CILEGON TAHUN 2024

 

 

1.Pengumpulan dan Pengolahan  Data

Dalam survey yang dilakukan oleh reformer  ini data dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner   menggunakan link kepada pelapor atau pengguna layanan yang sudah menyesuaikan dengan regulasi yang berlaku dari setiap pertanyaan yang  ditampilkan kepada  setiap penggunan layanan. Selama bulan oktober dan november Tahun 2024  sebanyak 18  orang, sesuai dengan pelapor atau evakuasi yang ada . Pengolahan dan Analisis Data Teknik analisis penghitungan Indeks Kepuasan Masyarakat dilakukan dengan prinsip Perhitungan indeks yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Tahun 2004 Nomor Kep/25/M.Pan/2/2004, yaitu dengan terlebih dahulu mencari nilai rata-rata tertimbang dengan cara: 

            Bobot nilai rata-rata tertimbang = Jumlah Bobot

                Jumlah Unsur

 

Setelah diperoleh bobot nilai rata-rata tertimbang pada setiap indikator, maka tahap selanjutnya adalah pengukuran indeks. Metode yang digunakan pada pengukuran indeks adalah  nilai rata-rata tertimbang dari masing-masing indikator pelayanan. Rumusnya adalah sebagai berikut:

Indeks = Total nilai persepsi per pertanyaan x nilai penimbang

Total unsur yang terisi

 

Selanjutnya untuk memudahkan interprestasi hasil indeks tersebut, konversi dilakukan pada nilai indeks diantara 25-100, maka hasil penilaian indeks dikonversikan dengan nilai dasar 25. Rumus konversinya adalah sebagai berikut:

 

 

Nilai konversi indeks = hasil indeks X 25

Setelah langkah ke-3 dilakukan, maka hasilnya dapat dikategorikan berdasarkan tabel dibawah ini:

                                                   Tabel.1

NILAI PERSEPSI

NILAI INTENAL

( NI)

NILAI INTERNAL KONVERSI

MUTU PELAYANAN

KINERJA UNIT PELAYANAN  (Y)

1

1,00 – 2,5996

25,00 – 64,99

D

Tidak Baik

2

2,60 – 3,064

65,00 -76,60

C

Kurang  Baik

3

3,0644 – 3,532

76,61 – 88,30

B

Baik

4

3,5324 – 4,00

88,31 – 100,00

A

Sangat Baik

 

 

 

2.Hasil dan Pembahasan

 

 Indeks Kepuasan Masyarakat

Pelapor  atau pengguna layanan  adalah  Masyarakat  yang melaporkan kejadian  atau evakuasi  kepada dinas pemadam Kebakaran daan penyelamatan. Alat survey yang digunakan adalah QR Code   yang dibagikan kepada pelapor atau penerima layanan , Jenis  layanan Pencarian dan Pertolongan Non kebakaran :

Tabel. 3

 Penyebaran dan Distribusi Kuesioner

No

Jenin layanan/evakuasi

Distribusi Kuesioner

Responden

 

1

Seksi  Pencarian dan Pertolongan Non kebakaran

 

15 Oktober  s.d. 21 November 2024

 

 

17

 

Hasil Penilaian (Lampiran Tabel perhitungan) Dari 17  orang responden yang telah mengisi  Quisioner  melalui Link QR Code  mengenai pengalamannya dalam memperoleh pelayanan  dari Dinas Pemadam Kebakaran  dan Penyelamatan, nilai rata-rata tiap unsur pelayanan sebagaimana tabel berikut:

  Tabel .4

Nilai Rata-Rata Unsur Pelayana

 

UNSUR PELAYANAN

NRR/ UNSUR

NRRT/ UNSUR

U1

Persyaratan pelayanan

3,875

0,426

U2

Persedur Pelayanan

4,063

0,447

U3

Waktu Pelayanan

3,688

0,406

U4

Biaya  tarif

3,875

0,426

U5

Produk Spesifikasi Jenis Layanan

3,750

0,413

U6

Kompetensi Pelaksana

3,875

0,426

U7

Perilaku Pelaksana

3,688

0,406

U8

Penanganan Pengaduan

3,688

0,406

U9

Sarana dan Prasarana

3,938

0,433

 

 

 

 

 

Nilai Indeks (NI)

3788

 

Nilai SKM setelah di konversi (NI x 25)

94,70

 

Mutu Pelayanan

A

 

Kinerja  Pelayanan

Sangat baik


Analisis Hasil Penilaian

Dari tabel tersebut diatas jawaban yang diberikan oleh 17  (enam belas ) responden yang telah memberikan pendapatnya terhadap 9 unsur yang menjadi objek survey IKM mendapatkan nilai indeks 3788. Secara umum semua unsur pelayanan memiliki kinerja “ Sangat Baik”,.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TABEL.5

 PERHITUNGAN IKM DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN

KOTA CILEGON

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

NOMOR URUT

NILAI PER UNSUR PELAYANAN

RESPONDEN

U1

U2

U3

U4

U5

U6

U7

U8

U9

1

4

4

4

4

4

4

4

4

4

2

4

4

4

4

4

4

4

4

4

3

4

4

4

4

4

4

4

4

4

4

4

4

4

4

4

4

4

4

4

5

4

4

3

4

3

4

3

3

4

6

3

4

4

4

4

4

4

4

4

7

3

4

3

4

4

4

4

3

4

8

4

4

4

4

4

4

4

4

4

9

4

4

4

4

4

4

3

3

4

10

4

4

4

3

4

4

3

4

4

11

4

4

4

4

4

4

4

4

4

12

3

3

3

3

3

3

3

3

3

13

3

4

4

4

4

4

4

4

4

14

3

3

3

4

3

3

3

3

4

15

3

3

4

4

3

4

4

4

4

16

4

4

3

4

4

4

4

4

4

17

4

4

4

4

4

4

4

4

4

TOTAL PERUNSUR

62

65

59

62

60

62

59

59

63

NRR/UNSUR

3,875

4,063

3,688

3,875

3,750

3,875

3,688

3,688

3,938

NRR TERTIMBANG/UNSUR

0,426

0,447

0,406

0,426

0,413

0,426

0,406

0,406

0,433

INDEK TOTAL

94,70