large image
KEPALA PERANGKAT DAERAH

Drs. H. Nikmatullah, M.Si
NIP. 19630704 198410 1 011
SEKILAS KOTA CILEGON
PENGUMUMAN
AGENDA
PUSAT UNDUHAN
Klik Gambar di Bawah ini
LINK TERKAIT


Kebakaran Lahan dan Alang - alang Sering Terjadi, Warga Di Kota Cilegon Harap Untuk Tak Bakar Sampah
Kategori Berita | Diposting pada : 2018-07-27 -|- 09:26:00 oleh Admin
Bagikan Artikel ini :

   Musim kemarau masih berlangsung tapi sudah banyak kebakaran lahan dimana - dimana. Semenjak bulan puasa sampai sekarang bulan juli 70% bencana kebakaran yang ada adalah kebakaran lahan kosong atau alang - alang. Penyebabnya macam - macam, ada yang memang karna faktor alam karna memang sedang kemarau tapi ada juga karna faktor manusia salah satu nya seperti membuang puntung rokok atau membakar sampah di lahan kosong. Masyarakat kita masih banyak yang belum sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan mencegah bahaya kebakaran.


    Dari sekian banyak kebakaran lahan kosong dan alang - alang penyebabnya banyak yang karna bakaran sampah atau lahan yang sengaja dibakar. Menurut Kabid Pemadaman dan Penyelamatan Pemadam Kebakaran Kota Cilegon Ipan Zaenudin, S.IP warga Cilegon masih banyak suka membakar sampah dan alang - alang dengan sengaja di biarkan saja atau di tinggalkan, "di masyarakat kita sering dan banyak yang bakar sampah di lahan kosong, niatnya sih baik untuk kebersihan tapi ujung-ujungnya ditinggalin gitu saja terus yang bakaran sampah tadi merambat ke alang-alang dan menyebar apalagi lahan yang kering kan mudah terbakar" tutur Ipan. "malahan ada juga warga yang sengaja bakar alang - alang dengan niat biar cepet gundul soalnya kalo pakai pemangkas rumput lama dan capek, nanti begitu api makin besar dan merambat dan tidak bisa dikendalikan lagi baru deh panik dan panggil pemadam" tambah pria kelahiran 49 silam tersebut. Ada juga warga yang sengaja memanfaatkan pemadam untuk hal - hal kaya gini bakar lahan kosong dengan sengaja nanti ketika api sudah besar panggil pemadam.


    Sebenarnya tidak ada yang salah karena pemadam kebakaran akan siap selalu membantu warga memadamkan api dari mana pun asalnya dan bagaiman pun bentuknya. "Hanya saja kami menghimbau ayo kepada seluruh warga Kota Cilegon untuk lebih menjaga lagi lingkungannya dan lebih sadar lagi akan bahayanya bencana kebakaran" tutur Kabid Pemadaman. "bakar sampah boleh tapi jangan ditinggal apa lagi kalau dilahan kosong, trus jangan sengaja bakar lahan pakai cara yang wajar saja di potong soalnya takut - takut nanti ketika sudah terjadi kebakaran api membesar dan menyebar sudah tidak bisa dikendalikan malah kita sendiri sebagai warga yg jadi korban atau malah pemukiman kita sendiri yang kena dampaknya" tutupnya.


kebakaran alang - alang



List Berita Lainnya
KONTAK
Klik Gambar di Bawah ini
POOLING

Bagaimana menurut pendapat anda tentang layanan di website ini?

Kurang
Cukup
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Hasil Polling
DOKUMENTASI
SOSIAL MEDIA